Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Pelajaran Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013. Download file dalam format .pdf. Buku Akidah Akhlak ini diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI tahun 2016 (Cetakan Pertama).

 Berikut ini adalah arsip berkas Buku Pelajaran Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kela Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013
Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013

Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013

Kementerian Agama sebagai salah satu lembaga pemerintah memiliki tanggungjawab dalam membentuk masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visinya.

Membentuk generasi cerdas dan sejahtera lahir-batin menjadi core (inti) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam utamanya Direktorat Pendidikan madrasah. Madrasah sebagai lembaga pendidikan berciri khas Islam konsen terhadap mata pelajaran PAI (Fikih, SKI, Al-qur’an Hadis, Akidah Akhlak dan bahasa Arab).

Secara filosofis, mata pelajaran PAI yang diajarkan bertujuan mendekatkan pencapaian kepada generasi kaffah (cerdas intelektual, spiritual dan mental) jalan menuju pencapaian itu tentu tidak sebentar, tidak mudah dan tidak asal-asalan namun tidak juga mustahil dicapai. Pencapaian ultimate goal (tujuan puncak) membentuk generasi kaffah tersebut membutuhkan ikhtiar terencana (planned), strategis dan berkelanjutan (sustainable).

Kurikulum 2013 sebagai kurikulum penyempurna kurikulum 2006 (KTSP) diyakini shahih sebagai “modal” terencana dan strategis mendekati tujuan pendidikan Islam. Salah satu upaya membumikan isi K-13 adalah dengan menyediakan sumber belajar yakni buku, baik buku guru maupun buku siswa.

Buku Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi). Buku MI (kelas 3 dan 6), MTs (kelas 9) dan MA (kelas 12) adalah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

Dengan buku K-13 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus menyampaikan ilmu yang dimilikinya.

Petunjuk Penggunaan Buku
Untuk mengoptimalkan pengunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:
  1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Akidah Akhlak, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum Nasional PAI dan Bahasa Arab 2013.
  2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
  3. Ada pelajaran tertentu yang hanya memuat satu materi ajar. Hal ini disebabkan karena sempitnya materi pembelajaran.
  4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut: a. Amati gambar dan perhatikan: pengantar singkat berupa narasi yang menarik tentang tema yang dibahas dan dilengkapi dengan gambar-gambar b. Penasaran: berisi pertanyaan-pertanyaan untuk masuk ke pembahasan materi c. Buka Cakrawalamu: berisi materi pembahasan d. Kembangkanlah Wawasanmu: berupa tugas kegiatan atau pertanyaan- pertanyaan untuk didiskusikan peserta didik e. Refleksi: merupakan pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat kembali materi dan juga untuk mengembangkan materi untuk dikaitkan dengan kondisi lingkungan sekitar untuk saat ini f. Ayo Berlatih: berisi latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan g. Rangkuman: berisi rangkuman penting dari materi yang telah diuraikan h. Mutiara Hikmah: berisi ajakan kepada peserta didik untuk merenungkan dan bertekad untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara rinci dalam teknis pelaksanaan lebih lanjut dapat disesuaikan dengan situasi sekolah.

Dari Daftar Isi Buku Akidah Akhlak untuk Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013 bisa kita lihat beberapa pelajaran yang ada pada buku ini, yaitu:
PELAJARAN 1 BERSIHKAN HATI DENGAN BANYAK MENYEBUT KALIMAT THAYYIBAH A. Meyakini Allah Swt. dengan mengucap Astagfirullahal Azim
B. Memohon Ampunan Allah dengan Mengucap Astagfirullahal Azim
C. Melafalkan kalimat thayyibah Astagfirullahal Azim
PELAJARAN 2 MENGENAL ALLAH MELALUI ASMAUL HUSNA
A. Mengenal Sifat Al-Qowwiy
B. Mengenal Sifat Al-Hakim
C. Mengenal Sifat Al- Musawwir
D. Mengenal Sifat Al-Qodir

PELAJARAN 3 INDAHNYA BERIMAN KEPADA QADA DAN QADAR
1. Pengertian Qada dan Qadar Allah Swt
2. Perbedaan antara Qada dan Qadar Allah Swt
3. Dalil tentang Qada dan Qadar Allah Swt
4. Contoh Qada dan Qadar Allah Swt
5. Perbedaan antara takdir Muallaq dan takdir Mubram
6. Manfaat beriman kepada Qada dan Qadar Allah

PELAJARAN 4 BERHIAS DIRI DENGAN AKHLAK TERPUJI
1. Pengertian, dalil, manfaat dan contoh tanggung jawab
2. Pengertian, dalil, manfaat dan contoh sifat adil
3. Pengertian, dalil, manfaat dan contoh sifat bijaksana

PELAJARAN 5 MENGHINDARI AKHLAK TERCELA
1. Pengertian, larangan, akibat dan cara menanggulangi sifat marah
2. Pengertian, larangan, akibat dan cara menghindari fasik
3. Pengertian, larangan, akibat dan cara menghindari murtad


    Download Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013 ini silahkan lihat pada file preview salah satu berkas buku dan download file lainnya pada link di bawah ini:

    Buku Akidah Akhlak untuk Guru MI Kelas 6 Kurikulum 2013



    Download File:
    Buku Akidah Akhlak untuk Guru MI Kelas 6 Kurikulum 2013.pdf
    Buku Akidah Akhlak untuk Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013.pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Akidah Akhlak untuk Guru dan Siswa MI Kelas 6 Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah