Pedoman Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2018

Berikut ini adalah arsip berkas Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018. Download file .pdf.

 Berikut ini adalah arsip berkas Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tah Pedoman Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2018
Pedoman Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2018


Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018

Berikut ini informasi dari Kemdikbud terkait dengan Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018:

PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA 
DALAM RANGKA PERI NGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2018

A. Latar Belakang
Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat.   Pada tahap awal kebangkitan nasional para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik prrofesional dengan tugas utama mendidik, menqajar, membimbing, mengarahkan,  melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian guru merupakan salah satu faktor yang strateqis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

Sebagai  penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional tahun 2018.

B. Tujuan, Sasaran dan Tema

1. Tujuan
  1. Meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat.
  3. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidkan dalam membangun karakter bangsa.
2. Sasaran
Semua pegawai di lingkungan Kementenan Pencrdikan dan Kebudayaan, pegawai di lingkungan pemerintah daerah, perwakilan Indonesia di luar negeri, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnnya, para siswa di satuan pendidikan seluruh Indonesia baik di lingkungan pembinaan Kementenan Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama, serta siswa di satuan pendidikan di luar negeri.

3. Tema
Terna perinqatan Hari Guru Nasional tahun 2018 adalah "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21". 

4. Logo
Logo peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018 dapat diunduh pada laman https://www.kemdikbud.go.id.

C. Upacara Bendera
Waktu dan Tempat Upacara:
Upacara bendera peringatan Han Guru Nasional tahun 2018 dilaksanakan pada Hari Senin, 26 November 2018.
Waktu : pukul 08 00 - selesai (menyesuaikan kebiasaan setempat)

D. Pembiayaan
Biaya penyelenggaraan Upacara Bandera peringatan Han Guru Nasional tahun 2018 dibebankan pada anggaran instansi masing-masing.

E. Lain-lain
Pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan Han Guru Nas,onal tahun 2018 ini lebih bersifat informatif dan umum. Diharapkan unit kerja, instansi/lembaga, organisasi/asosiasi guru, serta masyarakat dapat menyelenggarakan kegiatan untuk merayakan Hari Guru Nasional Tahun 2018 pada hari  Minggu tanggal 25 November 2018 dan menyemarakkan Peringatan Hari  Guru Nasional Tahun 2018 dengan kegiatan lain seperti  seminar, talkshow, ziarah ke Taman Makam Pahlawan sesuai dengan kemampuan dan dukungan dana masing-masing instansi.

F. Penutup
Pedoman ini  dibuat untuk dapat dipergunakan sebagat acuan dalam penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018.

    Download Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas mengenai Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018 ini silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:

    Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018



    Download File:
    Pedoman Upacara HGN 2018.pdf
    Surat Edaran HGN Mendikbud 2018.pdf
    Logo Hari Guru 2018.pdf 
    Logo Hari Guru Nasional 2018.png

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018. Semoga bisa bermanfaat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah