Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah). Download file dalam format .pdf.

 Berikut ini adalah arsip berkas Buku Praktik yang Baik Pembelajaran di MI  Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah):

Buku praktik yang baik Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID) melalui Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS). USAID PRIORITAS adalah program kemitraan antara Pemerintah Amerika dan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas di Indonesia. 

Kementerian Agama bekerja sama dengan USAID Program Prioritizing Reform, Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators and Students (PRIORITAS Tahun 2012-2017) untuk meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas. Dalam implementasi kerja sama tersebut USAID PRIORITAS telah melaksanakan beberapa program dan kegiatan antara lain pelatihan dan pendampingan guru, kepala madrasah, pengawas serta kegiatan kelompok kerja di tingkat madrasah maupun gugus tentang pendekatan pembelajaran aktif dan kreatif, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), program budaya baca dan literasi dengan memberi hibah buku pengayaan, buku fiksi, dan buku bacaan lainnya kepada madrasah ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Berbagai kemajuan yang dapat dilihat di madrasah di antaranya adalah guru berperan menjadi fasilitator dalam mendorong interaksi antar siswa, guru memberikan tugas yang bervariasi yang menantang siswa untuk berbuat dan berpikir, seperti diskusi, percobaan, pengamatan, dan pemecahan masalah. Dalam pembelajaran siswa menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, memanfaatkan beragam sumber belajar, bekerja secara kooperatif dalam kelompok, menghasilkan karya yang merupakan hasil gagasannya sendiri, dan memajangkan karya tersebut dalam kelas. Sedangkan hasil implementasi MBS, pengelolaan sekolah oleh kepala sekolah menjadi partisipatif dengan melibatkan guru, komite sekolah dan masyarakat, serta transparan dan akuntabel.

Dalam rangka menyebarluaskan pengalaman pembelajaran, manajemen, dan budaya baca di MI dan MTs tersebut, USAID PRIORITAS menerbitkan beberapa buku praktik yang baik dengan tema pembelajaran tingkat MI, pembelajaran tingkat MTs,dan manajemen,budaya baca dan pelayanan khusus di MI dan MTs.

DAFTAR ISI

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
  • Perahu Pegas dari Botol Plastik
  • Belajar Pengawetan Makanan dengan Telur Asin
  • Balonku Mengembang dengan Cuka dan Soda Kue
  • Horee... Mobil Tenaga Angin Buatanku Bisa Melaju...
  • Ayo Bereksperimen IPA Cetak Ilmuwan Cilik
  • Belajar IPA Bonusnya Minum Jamu
  • Telur Rebus dan Struktur Lapisan Bumi
  • Kwartet Sains
  • Belajar Sistem Tata Surya di Halaman Kelas
  • Membuktikan Energi Alam dengan Batu dan Kincir
  • Mengenal Tumbuhan di Lingkungan Sekolah
  • Timbangan Gelas Kertas Mampu Menahan Beban Manusia

Pembelajaran Matematika
  • Super Market di Kelasku
  • Memahami Pecahan melalui Buah Semangka
  • Mengolah Data Hasil Pengukuran Tinggi dan Berat Badan Siswa
  • Belajar Bangun Datar Lewat Pengubinan
  • Belajar Debit Air...! Siapa Takut...
  • Media Pembelajaran Garis Bilangan “Badak Berjalan”
  • Matematika dari Bola dan Sarang Telur
  • Garis Bilangan Batang Singkong
  • “Berpelukan Adalah Bersekutu”
  • 7 in 1, Alat Peraga dari Sekotak Catur
  • Kalender Bekas Pintar Hitung (KalBekPinTung)

Pembelajaran Tematik, Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Puzzel Surat Resmi untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa Menulis
  • Bazaar Makanan Sehat, Fasilitasi Praktik Jual Beli
  • Kotak Ajaib Permudah Belajar Matematika Kelas Awal
  • Manfaatkan Lantai Kelas untuk Media Belajar Berhitung dan Ciptakan Budaya Tertib
  • Remedial bagi Siswa yang Belum Mampu Membaca
  • Pandai Bercerita dengan Piramida Cerita
  • Buat Mobil-mobilan untuk Belajar Matematika dan IPA
  • Belajar Nilai Tempat dengan Buku Besar
  • Belajar Energi Gerak dari Kincir Angin

    Download Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah) ini silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:

    Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah)



    Download File:
    Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah).pdf
    Sumber: http://prioritaspendidikan.org

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Praktik Baik Pembelajaran di MI (Madrasah Ibtidaiyah). Semoga bisa bermanfaat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD-MI