Panduan Penggunaan ARD MTs (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs
Berikut ini adalah arsip berkas Panduan Penggunaan ARD MTs (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs. Download file format .pdf.
Panduan Penggunaan ARD MTs (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs |
Dalam rangka efektifitas dan efisiensi pengelolaan penilaian hasil pembelajaran di madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, telah menerbitkan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5161 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada MI, Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada MTs dan Nomor 3751 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada MA, disertai dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah baik jenjang MI, MTsdan MA
Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah tersebut diterapkan pada Madrasah Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. Berkenaan dengan hal tersebut di atas, disampaikan hal-hal sebagai berikut:
- ARD Madrasah diterapkan mulai semester ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019;
- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi segera melakukan sosialisasi kepada Kemenag Kabupaten/Kota dan Madrasah di wilayahnya;
- Penggunaan ARD Madrasah TIDAK DIPUNGUT BIAYA;
- Alamat ARD Madrasah: www.sikurma.kemenaq.go.id/ard
- Setiap madrasah akan mendapat Username dan Pasword dari Tim Teknis Kanwil Kemenag Provinsi;
- Bila mengalami kendala penggunaan ARD Madrasah dapat menghubungi Tim Teknis/lnstruktur di provinsi masing-masing.
Aplikasi Rapor Digital Madrasah dapat diakses langsung melalui alamat http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ kemudian memilih jenjang madrasah yang tersedia. Atau bisa langsung menggunakan url masing-masing jenjang yaitu:
MI : http://159.89.195.36/rapor-mi/
MTs : http://159.89.195.36/rapor-mts/
MA : http://159.89.195.36/rapor-ma/
Panduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi Panduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs (Madrasah Tsanawiyah). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Daftar Isi
Operator Madrasah
1. Pendahuluan
1.1. Browser
1.2. Akses Rapor Digital dari Browser
1.3. Login Operator pada Aplikasi Rapor Digital
2. Tahapan Penggunaan Aplikasi
2.1. Menu Beranda Aplikasi Rapor Digital
2.2. Langkah 1 - Melengkapi Data Madrasah
2.3. Langkah 2 - Konfigurasi Data Mata Pelajaran
2.4. Langkah 3 - Input Muatan Lokal
2.5. Langkah 4 - Input Ekstrakulikuler Madrasah
2.6. Langkah 5 - Input Data Guru
2.7. Langkah 7 - Input Data Siswa
2.8. Langkah 8 - Input Data Rombel
Operator Guru
3. Pendahuluan
4. Tahapan Penggunaan Aplikasi
4.1. Login Operator Guru
4.2. Tampilan Beranda
4.3. Langkah 1 - Pengaturan Konfigurasi Bobot dan KKM
4.4. Langkah 2 - Input Nilai Harian
4.5. Langkah 3 - Input Nilai Akhir
4.6. Data Siswa Berdasarkan Wali Kelas
4.7. Cetak Rapor
PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI RAPOR DIGITAL
(Operator Madrasah Tsanawiyah)
1. Pendahuluan
Aplikasi Rapor Digital merupakan unit tata usaha atau petugas yang terkait dengan pendataan dan administrasi lembaga madrasah. Untuk membuka aplikasi Rapor Digital terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome dan lain-lain (disarankan menggunakan browser google chrome) pada PC anda.
1.1. Browser
Langkah pertama pengguna harus membuka browser untuk memulai aplikasi ini anda bisa membukanya, melalui Google Chrome/Mozila Firefox.
1.2. Akses Rapor Digital dari Browser
Untuk mengakses aplikasi Rapor Digital yang pertama setelah anda membuka Browser (Chrome, Firefo x, dll), adal ah dengan masukan alamat: http://arthawisesa.com/rapor-madrasah/.
1.3. Login Operator pada Aplikasi Rapor Digital
Sebagai operator madrasah berikut adalah langkah untuk mengakses aplikasi Rapor Digital guna unt uk mengi nput data-data madrasah. Untuk mengakses halaman tersebut pengguna operator melakukan login dengan memasukan username dan password:
Langkah-langkah Login :
- Pilih jenjang madrasah
- Masukan username dan password Pengguna
- Klik Login atau tekan Enter
2. Tahapan Penggunaan Aplikasi
2.1. Menu Beranda Aplikasi Rapor Digital
Setelah memasukan alamat akan muncul tampilan Beranda Aplikasi Rapor Digital, halaman terdapat informasi dari jumlah guru, jumlah siswa, jumlah rombongan belajar dan ekstrakulikuler.
2.2. Langkah 1 - Melengkapi Data Madrasah
Tahapan yang pertama penggunaan aplikasi Rapor Digital yaitu melengkapi data madrasah untuk memudahkan mengidentifikasi data madrasah tersebut dengan mengisi form form yang sudah tersedia.
- Isi form-form yang sudah disediakan pada menu Identitas
- Kemudian isi form-form pada menu lokasi
- Isi nama kepala madrasah berikut NIP
- Kemudian klik Browse untuk mengupload Logo Madrasah
- Selanjutnya jika pengguna telah mengisi data diri dengan benar klik tombol Simpan.
2.3. Langkah 2 - Konfigurasi Data Mata Pelajaran
Tahapan selanjutnya yaitu sinkronisasi data mata pelajaran secara manual yaitu dengan klik tombol Sinkron pada tombol pojok kanan atas.
Langkah-langkah Sinkron Mata Pelajaran :
- Klik menu Konfigurasi
- Kemudian klik sub menu Mata Pelajaran
- Dikarenakan akun madrasah pertama login maka data mata pelajaran masih kosong
- Klik tombol Sinkron untuk sinkronisasi data Mata Pelajaran, diharapkan jaringan tersambung dengan internet.
2.4. Langkah 3 - Input Muatan Lokal
Langkah selanjutnya yaitu penginputan Muatan Lokal pada madrasah Ibtidaiyah, karena muatan lokal pada setiap madrasah Ibtidaiyah berbeda-beda maka penginputan muatan lokal ini dilakukan secara manual berdasarkan muatan lokal yang ada pada madrasah tersebut.
Langkah-langkah input muatan lokal
- Klik menu konfigurasi
- Kemudian klik sub menu Muatan Lokal
- Selanjutnya akan tampil daftar muatan lokal sesuai muatan lokal yang ada di madrasah Ibtidaiyah, salah satu contoh berikut ini
- Selanjutnya untuk menambahkan muatan lokal yang baru klik tambah baru pada tombol pojok kanan atas.
- Pilih tingkatan muatan lokal yang akan di tambahkan
- Selanjutnya isi nama muatan lokal yang akan ditambahkan
- Klik Simpan
2.5. Langkah 4 - Input Ekstrakulikuler Madrasah
Langkah selanjutnya untuk melakukan penilaian siswa input data ekstrakulikuler yang ada pada setiap madrasah Ibtidaiyah.
- Klik menu Konfigurasi
- Kemudian klik sub menu Ekstrakulikuler
- Berikut salah satu contoh ekstrakulikuler yang sudah ditambahkan oleh madrasah
- Untuk menambahkan data Ekstrakulikuler baru klik tombol Tambah pada kanan pojok kanan atas.
- Isi nama ektrakulikuler
- Kemudian isi nama pembina ekstrakulikuler tersebut
- Klik Simpan untuk menyimpan ekstrakulikuler yang akan ditambahkan
2.6. Langkah 5 - Input Data Guru
Tahapan selanjutnya yaitu input data guru pada madrasah tersebut, pada penginputan guru ini ter dapat dua cara yaitu di lakukan secara manual dan menggunakan format yang sudah ditentukan berikut tahapan akan dijelaskan dibawah ini.
Input Manual
Langkah-langkah menambahkan data guru secara manual
- Klik menu Konfigurasi
- Kemudian klik sub menu Guru
- Berikut contoh data guru yang sudah ditambahkan
- Kemudian untuk menambahk an data guru baru klik tombol Tambah Manual pada yang terletak pada pojok kanan atas.
- Isi form identitas diri seperti nama, jenis kelamin, tempat lahir dan tanggal lahir
- Kemudian pilih agama, email dan no telpon
- Selanjutnya isi NIP, NPWP NUPTIK dan Kata Sandi
- Klik browse untuk memilih foto guru yang akan diupload
- Selanjutnya klik menu alamat.
- Lengkapi alamat guru tersebut seperti Provinsi, Kota/Kab, Kecamatan, kelurahan, alamat rumah dan kode pos
- Jika pengisisan data guru sudah benar klik tombol Simpan
Input Menggunakan Format yang sudah ditentukan
Selain menginput secara manual pengguna bisa input data guru menggunakan format yang sudah tersedia untuk menginput langsung secara bersamaan.
Langkah-langkah menambahkan data guru dengan format excel
- Unduh terlebih dahulu format yang sudah disediakan.
- Setelah itu unggah kembali format yang sudah di isi data guru dengan format file .xlsx
- Setelah itu klik simpan
Setelah input guru telah selesai kemudian atur bidang mata pelajaran guru tersebut.
Langkah-langkah mengatur mengajar
- Klik tombol atur pengajar; a. Pilih bidang Mata Pelajaran guru tersebut dengan sesuai dan benar, bisa lebih dari satu b. Kemudian pilih muatan lokal jika tidak mengajar kosongkan saja c. Kemudian klik Simpan
- Selanjutnya pada tabel selanjutnya terdapat tombol profil guru berfungsi untuk melihat dan merubah identitas dari guru tersebut
- Kemudian operator bisa mengunduh data guru tersebut dengan klik tombol Cetak Excel
2.7. Langkah 6 - Input Data Siswa
Menu ini berfungsi untuk menambahkan data siswa-siswa di madrasah Ibtidaiyah tersebut, sama seperti sebelumnya terdapat dua cara penginputan siswa baik secara manual atau menggunakan format excel yang sudah disediakan tanpa merubah kembali format tersebut.
Download Panduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MI
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs (Madrasah Tsanawiyah) ini silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:
PPanduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs
Download File:
Panduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs v3.pdf
Surat Edaran Dirjen Pendis Kemenag Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 tentang Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Penggunaan ARD (Aplikasi Rapor Digital) untuk Operator dan Guru MTs (Madrasah Tsanawiyah). Semoga bisa bermanfaat.
Comments
Post a Comment