Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Berikut ini adalah arsip berkas Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2. Download file format .doc atau .docx Microsoft Word.

 Berikut ini adalah arsip berkas Perangkat Pembelajaran Kelas  Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2
Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 ini terdiri dari berkas-berkas RPP, Silabus, KKM, Program Tahunan, Program Semester dan lain-lain.

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1: Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
KI 2: Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Indikator: 
  • Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran
Kompetensi Dasar
PPKn
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat

Indikator: 
  • Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
  • Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
  • Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
Kompetensi Dasar
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Indikator: 
  • Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
Kompetensi Dasar
SBdP
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
Indikator: 
  • Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
  • Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
  • Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
  • Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
  • Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D. MATERI PEMBELAJARAN
  • Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat musik tradisional.
  • Teks “Mengenal Suku Minang”.
  • Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

E. METODE PEMBELAJARAN 
  • Pendekatan: Saintifik
  • Metode: Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

    Download Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 ini silahkan lihat pada file preview salah satu berkas RPP dan download file lainnya pada link di bawah ini:

    Contoh RPP Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013



    Download File:
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Semester I.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Semester I.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Semester I.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan Semester I.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 6 Indahnya Negeriku Semester II.doc 
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 5 Pahlawanku Semester II.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 8 Tempat Tinggalku Semester II.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 7 Cita-citaku Semester II.doc
    RPP SD K13 Kelas 4 Tema 9 Makanan Sehat dan Bergizi Semester II.doc
    Silabus Integrasi Kelas 4 K13 Semester 1 dan 2.doc
    Program Semester Kelas 4 K13 Semester 1 dan 2.doc
    Program Tahunan Kelas 4 K13 Semester 1 dan 2.doc
    KKM Kelas 4 K13.doc

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Perangkat Pembelajaran Kelas 4 (IV) Revisi 2019-2020 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah