Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran)

Berikut ini adalah arsip berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran). Download file format PDF.

 Berikut ini adalah arsip berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompo Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran)
Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran)

Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran)

Di bawah ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran):

Latar Belakang
Program Guru Pembelajar sebagai salah satu strategi pembinaan guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat menjamin guru dan tenaga kependidikanmampu secara terus menerus memelihara, meningkatkan, dan mengembangkankompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Program Guru Pembelajar akan mengurangi kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki guru dan tenaga kependidikan dengan tuntutan profesional yang dipersyaratkan.

Guru dan tenaga kependidikan wajib melaksanakan Program Guru Pembelajar baik secara mandiri maupun kelompok. Khusus untuk Program Guru Pembelajar dalam bentuk diklat dilakukan oleh lembaga pelatihan sesuai dengan jenis kegiatan dan kebutuhan guru. Penyelenggaraan Program Guru Pembelajar dilaksanakan oleh PPPPTK dan LPPPTK KPTK, salah satunya adalah di PPPPTK PKn dan IPS. Pelaksanaan diklat tersebut memerlukan modul sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta diklat. Modul tersebut merupakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta diklat Guru Pembelajar Sosiologi SMA. Modul ini berisi materi, metode, batasan-batasan, tugas dan latihan serta petunjukcara penggunaannya yang disajikan secara sistematis dan menarik untuk mencapai tingkatan kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Dasar hukum dari penulisan modul ini adalah :

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.
  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
  2. Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja PPPPTK.

Tujuan
  • Meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai Standar Kompetensi yang ditetapkan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
  • Memenuhi kebutuhan guru dalam peningkatan kompetensi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  • Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

Peta Kompetensi
Melalui modul Guru Pembelajar diharapkan peserta diklat dapat meningkatkan kompetensi antara lain :
  1. Mengidentifikasi Ciri-Ciri Perubahan Sosial
  2. Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sosial
  3. Mengidentifikasi Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial
  4. Menganalisis Dampak Perubahan Sosial
  5. Menganalisis Teori Perubahan Sosial

Ruang Lingkup
  1. Ciri-Ciri Perubahan Sosial
  2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Sosial
  3. Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial
  4. Dampak Perubahan Sosial
  5. Teori Perubahan Sosial

Saran Cara Penggunaan Modul
  1. Bacalah modul dengan seksama sehingga bisa dipahami
  2. Kerjakan latihan tugas
  3. Selesaikan kasus/permasalahan pada kegiatan belajar kemudian buatlah kesimpulkan
  4. Lakukan refleksi.

    Download Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran) ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:

    Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran)



    Download File:
    Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran).pdf 

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kelompok Kompetensi F (Perubahan Sosial, Penilaian Hasil Pembelajaran). Semoga bisa bermanfaat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD-MI