Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4)

Berikut ini adalah arsip berkas Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4) Kurikulum 2013. Download file format PDF.

 Berikut ini adalah arsip berkas Buku Guru PAI  Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4)
Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas IV (4)


Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4)

Di bawah ini kutipan teks keterangan dari isi Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4):

Buku Guru ini memberikan panduan kepada Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan Orang tua peserta didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melakukan penyesuaian beberapa nama mata pelajaran yang antara lain adalah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013, pasal 1, ayat 13).

Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD). KD adalah tumpuan untuk mencapai kompetensi inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran(PP No. 32/2013, pasal 1, ayat 14). Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi guru dengan Orang tua peserta didik.

Untuk mewujudkan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang efektif dan budayaa Islami di sekolah, perlu adanya sinergi antara guru PAI dan BP dengan guru lainnya, serta perlu adanya dukungan dari kepala sekolah. Penciptaan budaya Islami dapat dilakukan melalui pembelajaran PAI dan Budi Pekerti baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti di Musalla, Masjid, Laboratorium atau lainnya yang berada di lingkungan sekolah.

Penambahan jam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dimaksudkan untuk mengoptimalkan pengamalam agama islam bagi peserta didik dan membentuk budaya Islami di sekolah. Oleh karena itu, penyerapan metode pembiasaan dan keteladanan mutlak di perlukan seperti: tadarus al-Qur'an, doa sebelum pembelajaran dimulai, salat duha, £alat Ẓuhur berjamaah, PHBI, zikir bersama, outbound Islami, dan lain-lain. 

Petunjuk Penggunaan Buku
Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, tahapan berikut sangatlah penting diperhatikan oleh guru.
  1. Bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, serta memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
  2. Setiap pelajaran berisi: Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi guru dengan Orang tua
  3. Pada sub pelajaran tertentu penomoran Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tidak berurutan. Hal itu menyesuaikan dengan tahap pencapaian Kompetensi Dasar.
  4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memerhatikan kolom-kolom atau rubrik yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran, sehingga perhatian peserta didik menjadi fokus. Kolom-kolom tersebut adalah: - Kegiatan: berisi aktivitas yang harus peserta didik lakukan untuk memahami materi. - Tugas: berisi latihan bagi peserta didik untuk menyelesaikan tugas tertentu baik berupa hafalan atau menyelesaikan soal. -Insya Allah aku bisa: sebagai tantangan agar peserta didik bisa melakukannya. - Ayo berlatih: untuk mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang dibahas. - Rubrik nyanyian dan tepuk tangan Islami: untuk penguatan pembelajaran yang menyenangkan sesuai perkembangan peserta didik.
  5. Guru perlu membaca, memahami dan mengembangkan pesan kunci yang tertulis pada regulasi terkini seperti PP No. 32 tahun 2013 dan Permendikbud terkait Kurikulum 2013.

Dalam pelaksanaannya di sekolah sangat mungkin dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan potensi peserta didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

Pada buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4) ini berisi antara lain:

  • Pendahuluan
  • Petunjuk Penggunaan Buku
  • Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 4
  • Pemetaan Kompetensi Dasar
  • Pelajaran 1: Mari Belajar Q.S. al-Falaq
  • Pelajaran 2: Beriman Kepada Allah dan Rasul-Nya
  • Pelajaran 3: Aku Anak Salih
  • Pelajaran 4: Bersih itu Sehat
  • Pelajaran 5: Aku Cinta Nabi dan Rasul
  • Pelajaran 6: Mari Belajar Q.S. al-Fil
  • Pelajaran 7: Beriman kepada Malaikat Allah
  • Pelajaran 8: Mari Berperilaku Terpuji
  • Pelajaran 9: Mari Melaksanakan Salat
  • Pelajaran 10: Kisah Keteladanan Wali Songo

    Download Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4) ini silahkan lihat pada file preview atau download file pada link di bawah ini:

    Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4)



    Download File:
    Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4).pdf

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru PAI (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) SD/MI Kelas IV (4). Semoga bisa bermanfaat.

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD-MI