Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)

Berikut ini adalah berkas Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar) 2016. Download file dalam format PDF. Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Guru, Kepala Sekolah dan lain-lain di SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat.

 Berikut ini adalah berkas Petunjuk Pelaksanaan PIP  Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)
Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)

Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)

PIP (Program Indonesia Pintar) telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 19 Tahun 2016. Dalam permendikbud dijelaskan bahwa Program Indonesia Pintar, untuk selanjutnya disebut PIP, adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/ atau kurang mampu membiayai pendidikannya.

Kartu Indonesia Pintar disebut juga KIP, adalah kartu yang diberikan kepada anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun sebagai penanda/identitas untuk mendapatkan manfaat PIP.

PIP bertujuan untuk:
  1. meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 (dua belas) tahun;
  2. mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi; dan/ atau
  3. menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah, sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan, satuan pendidikan nonformal lainnya, atau balai latihan kerja.
Selengkapnya bisa anda lihat dalam berkas Permendikbud No 19 Tahun 2016 tentang Program Indonesia Pintar di bawah ini:



Lihat juga Peraturan Bersama Antara Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Nomor : 08/D/PP/2016 - Nomor : 04/C/PM/2016 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Tahun 2016.




    Download Berkas Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas ini silahkan lihat pada pratinjau atau file preview di bawah ini:

    Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar)



    Download File:


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Petunjuk Pelaksanaan PIP (Program Indonesia Pintar). Semoga bisa bermanfaat.

    Sumber: Kemdikbud RI

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Jurnal Membaca Harian Program Gerakan Literasi di Sekolah