Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah

Berikut ini adalah berkas Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Terdiri dari Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah dan Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD, SMP, SMA, SMK, SLB. Download file dalam format PDF bagi anda yang memerlukan. Berkas ini mudah-mudahan berguna sebagai referensi ditujukan untuk Guru, Kepala Sekolah dan lain-lain di sekolah SD, SMP, SMA, SMK, SLB atau sederahat.

 Berikut ini adalah berkas Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah
Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah

Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah dan Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD, SMP, SMA, SMK, SLB

Berikut ini kutipan dari salah satu isi buku Gerakan Literasi Sekolah:

Praktik pendidikan perlu menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Terobosan penting ini hendaknya melibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga satuan pendidikan. Pelibatan orang tua peserta didik dan masyarakat juga menjadi komponen penting dalam GLS. 

Apa Gerakan Literasi Sekolah?
Sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Seperti apakah sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang literat?
Sekolah yang menyenangkan dan ramah anak di mana semua warganya menunjukkan empati, kepedulian, semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan, cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya.

Apa Pelibatan publik ?
Peran serta warga sekolah (guru, kepala sekolah, peserta didik, orang tua, tenaga pendidikan, pengawas sekolah, dan Komite Sekolah) akademisi, dunia usaha dan industri dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

Tujuan Umum
Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Tujuan Khusus
  1. Menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah.
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.
Selengkapnya silahkan anda lihat di bawah ini:

Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemendikbud




Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah




Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD




Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP




Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA




Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMK




Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SLB



    Download Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Semoga bisa bermanfaat.
    Sumber: Direktorat Pembinaan SMK - Dirjen Pendasmen - Kemdikbud

    Comments

    Popular posts from this blog

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas IX (9) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Silabus 8 Kolom Mapel IPS Kelas VIII (8) SMP MTs Revisi 2019-2020

    Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD-MI